Evaluasi Praktik Pendidikan Profesi: Prodi Ners FOK UNG Gelar FGD Bersama Stakeholder Wahana Praktik Mahasiswa Ners

Oleh: Indeks S. Keku . 28 Agustus 2024 . 14:17:47

Pada tanggal 28 Agustus 2024, Program Studi Pendidikan Ners, Jurusan Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Evaluasi Praktik Pendidikan Profesi Ners Bersama Stakeholder Wahana Praktek Mahasiswa Profesi Ners". Acara ini berlangsung di Ruang Rapat (Lantai 4) Rektorat Universitas Negeri Gorontalo dan dihadiri oleh berbagai pihak dari sektor kesehatan di Gorontalo.

Acara dibuka oleh Dekan FOK, Dr. Hartono Hajdarati, S.Pd., M.Pd., IFO-P. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa FGD ini bertujuan untuk memberikan kejelasan mengenai aturan yang berlaku serta sebagai sarana evaluasi untuk perbaikan Program Studi Pendidikan Profesi Ners di masa depan.

Hadir dalam acara tersebut berbagai pihak penting dari sektor kesehatan, termasuk pimpinan rumah sakit seperti RSUD Prof. Dr. Aloei Saboei Kota Gorontalo, RSUD Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango, RSUD Otanaha, RSUD MM Dunda Limboto, dan RSUD Hasri Ainun Habibie. Selain itu, Kepala Bidang Keperawatan dari rumah sakit-rumah sakit tersebut, Kepala Puskesmas dari PKM Suwawa, PKM Kabila, PKM Toto Utara, PKM Tapa, PKM Kota Selatan, PKM Kota Tengah, serta Panti Sosial Griya Lansia Jannati juga turut hadir.

Ketua Jurusan Keperawatan, Nurdiana Djamaludin, S.Kep., Ns., M.Kep., dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan FGD adalah untuk menyamakan persepsi mengenai praktik pendidikan profesi ners dengan melibatkan berbagai stakeholder dan wahana praktek mahasiswa seperti rumah sakit, puskesmas, dan panti sosial lansia. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas praktik pendidikan serta memperkuat kerjasama antara institusi pendidikan dan tempat praktek mahasiswa.

Sementara itu, Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Ns. Ika Wulansari, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Mat., menyampaikan bahwa FGD ini merupakan yang pertama kalinya diadakan sejak berdirinya Pendidikan Profesi Ners di Jurusan Keperawatan, FOK UNG sepuluh tahun lalu. Beliau berharap FGD ini dapat menjadi langkah awal yang positif bagi Program Studi Pendidikan Profesi Ners dengan tujuan untuk meluluskan mahasiswa yang kompeten dan siap menjadi Ners profesional.

Agenda

29 Februari 2024

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia Tingkat FOK 2024

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia Tingkat FOK 2024

27 - 28 Februari 2024

Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa)

Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) adalah program penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh PT yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.