Sosialisasi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi

Oleh: Abd. Rahman Oktaviano Moha . 7 Februari 2024 . 14:08:26

Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran menggelar sosialisasi pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 pada Rabu, 7 Februari 2024. Acara tersebut berlangsung di Ruang Sidang Lantai 4 Rektorat Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dengan dihadiri oleh Pimpinan Lembaga dan Fakultas serta Program Studi.

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia telah mengintegrasikan pengaturan terkait penjaminan mutu pendidikan tinggi. Peraturan Menteri tersebut, yang bertujuan untuk menyatukan kebijakan dan proses-proses terkait dalam satu payung hukum, mengemuka sebagai langkah signifikan dalam upaya tersebut.

Salah satu poin penting yang dibahas dalam acara sosialisasi adalah penyederhanaan standar kompetensi lulusan. Penyederhanaan ini bertujuan untuk mendorong perguruan tinggi negeri (PTN) dalam mengimplementasikan konsep "kampus merdeka" serta menggalakkan inovasi dalam tridharma perguruan tinggi. Diharapkan, penyederhanaan standar kompetensi lulusan ini akan memperkuat potensi mahasiswa untuk mencapai prestasi terbaik mereka.

Selain itu, acara tersebut juga membahas standar proses pendidikan, yang meliputi standar pembelajaran, proses pengajaran, dan penilaian mahasiswa. Peningkatan kualitas proses pendidikan diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas lulusan perguruan tinggi di Indonesia.

Tak hanya itu, pokok-pokok kebijakan "merdeka belajar" turut menjadi sorotan dalam acara tersebut. Hal ini melibatkan pembahasan tentang standar nasional pendidikan tinggi dan sistem akreditasi pendidikan tinggi. Kebijakan ini diharapkan mampu memberikan ruang lebih bagi perguruan tinggi untuk mengembangkan inovasi dalam pembelajaran dan penjaminan mutu.

Dengan terselenggaranya acara sosialisasi ini, harapan akan masa depan yang lebih cerah bagi pendidikan tinggi di Indonesia semakin terasa nyata. Semua pihak yang terlibat berkomitmen untuk bersinergi demi meningkatkan mutu dan daya saing perguruan tinggi di Tanah Air. Langkah ini menjadi landasan kuat dalam memajukan sektor pendidikan menuju tingkat yang lebih baik dan merata bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Agenda

29 Februari 2024

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia Tingkat FOK 2024

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia Tingkat FOK 2024

27 - 28 Februari 2024

Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa)

Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) adalah program penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh PT yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.